top of page

Osan Design Woodworking


 

Osan adalah usaha yang bergerak di bidang pengerjaan perabot rumah tangga yang berbahan utama kayu. Usaha ini berdiri sejak tahun 2015 di kota Banjarmasin provinsi Kalimantan Selatan, awalnya memproduksi talenan atau dedampar dari kayu limbah atau potongan pohon sisa penebangan di masa lalu yang pasokannya lumayan banyak, kayu yang dipilih adalah kayu Ulin, kayu Ulin atau kayu besi Kalimantan (Eusideroxylon Zwageri) termasuk jenis kayu keras dengan kekerasan 840-1100 kg/m3.


Kami juga mempunyai beberapa bibit pohon Ulin dan kami masih mencari bibit lainnya untuk ditanam Iebih banyak di kota Banjarmasin, dengan tujuan bukan untuk kayu produksi namun untuk penghijauan dan penyelamatan jenis pohon Ulin agar anak cucu kita bisa melihat pohon Ulin yang masih hidup di Kalimantan Selatan.


Dari tahun 2015 produksi talenan/dedampar Osan semakin banyak permintaan, awalnya hanya membuat 3 bentuk talenan, seiring waktu kami memproduksi lebih dari 18 bentuk talenan. Akhirnya muncul niat untuk mengangkat kayu ciri khas Kalimantan, menjadi souvenir khas Kalimantan Selatan. Pada tahun 2015 talenan kayu ulin Osan adalah satu-satunya talenan kayu ulin pertama di Indonesia bahkan di dunia yang diolah secara apik. Osan terdaftar secara online pada Lembaga OSS sebagai industri pengrajin kayu tanggal 5 Oktober 2020


Sampai pertengahan tahun 2020 ini dedampar atau talenan ulin osan sudah terjual lebih dari 800 buah hampir seluruh Indonesia. talenan ulin osan dianggap talenan unik bagi mereka. penjualan dilakukan secara Iangsung melalui galeri kecil kami, toko online, jejaring sosial: instagram, facebook, serta reseller di Kalimantan Selatan juga kota-kota lain di Indonesia


Osan juga melakukan kegiatan pelatihan pertukangan kayu yang diselenggarakan balk bersama pemerintah, masyarakat umum, komunitas atau perorangan secara gratis. Kami pernah mengadakan pameran kerajinan di kota Banjarbaru bersama komunitas Hobi Kayu Kalsel, pernah ikut dalam pameran pemerintah, dan juga berkontribusi dalam kegiatan sosial di Kalsel.



1 view0 comments
bottom of page