top of page

Uniknya Kerajinan Tangan Khas Kerajaan Banjar Oleh Home Industri Arguci Berkat Sabar


ARGUCI

adalah kerajinan tangan menyulam khas Kalimantan Selatan yang sudah menjadi tradisi sejak ratusan tahun yang lalu, terbuat dari kain beludru berhias manik-manik berwarna emas atau perak dirangkai dengan jalilan benang menjelma menjadi gambar-gambar atau tulisan indah dan penuh cita rasa seni yang mencondong ke motif islami.


Di abad ke 18, Kain Arguci dulu hanya digunakan oleh para raja Kerajaan Banjar sebagai symbol kemewahan kaum bangsawan. Sulaman arguci dulu kerap ada di baju kebesaran raja-raja Banjar. Hiasan dindingnya juga berupa sulaman arguci yang kerap menghiasi dinding-dinding istana.


Perbedaan kain guci koleksi kerajaan dengan kain guci yang sekarang dijual kepada warga terletak pada hiasannya. Jaman dahulu sulaman kain dihias dengan perak atau batu mulia. Sedangkan sekarang hanya memakai manik-manik biasa. Biasanya arguci dijadikan hiasan dinding, busana pengantin Banjar, dinding pelaminan, dinding ranjang pengantin Banjar hingga busana tradisional Banjar dan Dayak. Sulaman arguci ini menjadi produk cinderamata andalan Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.


Pada tahun 1995 ibu siti azizah merangkul dan membina para pengrajin Arguci di sekitar kabupaten banjar dan Pada tahun 1996  mulai lah para pengrajin tersebut memasarkan produk ARGUCI secara door-to-door ke beberapa kantor pemerintah dinas sosial. Sekarang sebanyak 60% dari pembeli ARGUCI di Berkat Sabar ini berasal dari luar pulau kallimantan sendiri karena terkenal dengan kerapian pembuatan dan mempunyai ciri khasnya yang sangat disukai oleh pembelinya.


Home industri Berkat Sabar bersama dengan Dinas Sosial merangkul dan membina warga desa yang difabel, yatim, dhuafa dan yang kurang mampu dengan harapan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dengan diberi pelatihan bakat seni keterampilannya sendiri. Sejak itu Home industry Berkat Sabar selalu mengikuti pameran di gedung Sultan Suriansyah dan Lapangan Murjani setiap tanggal 14-18 Agustus dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan.


2 views0 comments
bottom of page